Yuk, Wisata ke Bengkulu Tengah

Multiplikasi Stube HEMAT Di Bengkulu.          

Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan kabupaten termuda yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2008 dan merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Utara. Wilayah Bengkulu Tengah terdiri dari dataran rendah, perbukitan, serta pesisir pantai yang menjadikan Bengkulu Tengah memiliki wisata alam yang beragam, ada yang pegunungan, pantai, sungai, dan air terjun. Keindahan ini memberikan ide bagi para peserta Stube Hemat di Bengkulu Tengah untuk bisa mengajak orang-orang berkunjung ke Bengkulu Tengah dan menikmati keindahan alamnya. Oleh sebab itu kegiatan yang dilakukan pada bulan Juli 2023 ini mengambil tema wisata Bengkulu Tengah yang diselenggarakan di tempat wisata Kampung Durian, Taba Penanjung, Bengkulu Tengah. Masing-masing peserta yang berjumlah 10 orang menceritakan pengalaman berkunjung ke tempat wisata di Bengkulu Tengah. Berikut adalah tempat wisata di Bengkulu Tengah yang pernah kami kunjungi dilengkapi foto dokumentasi yang kami miliki sendiri.

1.   Air terjun Datar Lebar

Terletak di desa Datar Lebar, Taba Penanjung, Bengkulu Tengah, tempat wisata ini menyajikan keindahan air terjun yang seakan terbelah dua belah batu besar. Airnya cukup deras dengan pemandangan alam yang asri nan sejuk. Menuju lokasi ini pengunjung harus menitipkan kendaraannya di area parkir wisata kemudian berjalan kaki dengan suguhan hutan lebat di kanan kiri yang menyejukkan. Sangat cocok untuk para pecinta alam yang senang berpetualang.


2.   Air terjun  Curug Pesuk

Berada di desa Penembang, kecamatan Meriai, air terjun ini tidak terlalu tinggi, airnya jernih, dan terlihat bertingkat dengan tempat pemandian yang cukup luas sehingga cocok untuk berlibur bersama keluarga dan anak anak.


3.   Bukit Kandis

Terletak di desa Durian Demang, kecamatan Karang Tinggi, kabupaten Bengkulu Tengah, tempat wisata ini sangat dikagumi para pemanjat tebing. Bukit Kandis ini sebenarnya adalah lokasi penambangan yang ditinggalkan. Disebut bukit Kandis karena di area ini terdapat banyak pohon asam kandis. Ketika para pendaki/pemanjat tebing berada di puncak, maka akan disuguhkan pemandangan mengarah ke pantai kota Bengkulu dan gunung Bungkuk yang ada di Bengkulu Tengah. Karena keindahannya, bukit Kandis dinobatkan sebagai objek wisata terpopuler, menempati posisi ke-3 untuk kategori wisata olah raga dan petualangan Indonesia dalam ajang penghargaan tahunan Anugerah Pesona Indonesia (API), yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI.


4.   Kampung Durian

Kampung Durian, tempat kami melakukan kegiatan (02/07/2023), terletak di Taba Penanjung, Bengkulu Tengah. Wisata ini populer belakangan ini dengan sajian keindahan pemandangan perbukitan, sungai dan kolam renang luas untuk semua kalangan. Para pengunjung yang hendak menginap tersedia villa dan satu coffee shop. Karena tempatnya indah dan nyaman, maka diminati wisatawan dengan membawa keluarga dari berbagai generasi. Jika tidak mau berenang di kolam, maka bisa juga berenang di sungai. Petugas keamanan cukup memadai jumlahnya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Promosi potensi daerah perlu dilakukan untuk meningkatkan arus wisatawan ke Bengkulu Tengah yang berarti peningkatan pendapatan daerah untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Mari cintai daerah sendiri. ***  


Komentar